Saturday 26 March 2016

Jurus Jitu sukses Update Blackberry Z3 OS 10.3.2

Apakah BB 10 anda mengalami salah satu dibawah ini;
  •           Hilang beberapa aplikasi standar (galery, musik dll)
  •           Tidak dapat mengganti walpaper
  •           Walpaper terdapat pin bb disetiap sudutnya
  •           Kamera tidak stabil (kadang normal kadang ngeblank)

Ok, silahkan lanjutkan bacanya..
Saya menggunakan bb z3 yang sebelumnya memiliki versi OS 10.3.0.700. pertama melihat tampilan pada layar menu saya melihat ada kejanggalan kok menu nya hanya segini?? Sedikit sekali.. setelah dibandingkan dengan bb z3 yang lain ternyata di bb saya tidak ada galery, musik, video, manajer file bahkan tidak ada kalkulator yang notabene ini adalah aplikasi bawaan yang ada hampir di setiap smartphone. Kecurigaan saya berlanjut ketika saya tidak dapat mengganti wallpaper, tidak dapat menyetel alarm bahkan kadang-kadang kamera pun nge-blank hitam tanpa gambar.

Dari beberapa literatur yang saya baca bahwa OS 10.3.700 yang saya miliki adalah versi developer sebaiknya di update saja ke versi terbaru, memang beberapa kali ketika konek ke internet muncul notifikasi bahwa OS terbaru sudah release. Namun kendala muncul ketiga saya update melalui OTA selalu dikatakan penyimpanan tidak cukup bahkan sudah di wipe beberapa kali selalu muncul peringatan penyimpanan tidak cukup padahal space yang di butuhkan hanya 594 MB sedangkan memori internal masih 4,5 GB.

Pantang menyerah! saya cari informasi lain, ternyata update bisa dilakukan dengan menggunakan Blackberry Link. Saat itu juga saya download bb link dan coba saya update dan disarankan lakukan menu kembali ke pengaturan pabrik atau muat ulang perangkat melalui menu referensi, hal ini pun saya lakukan namun lagi-lagi menemui kendala koneksi tidak stabil harap coba lagi. Penasaran makin menjadi kenapa bisa sampai koneksi sy tidak stabil padahal saya menggunakan modem 4G dan test speed mendapatkan koneksi yang lumayan besar, ah mungkin karena menggunakan koneksi operator *pikir saya. Besok deh saya lanjut di kantor yang menggunakan koneksi adsl.




Sampai diktr lansung di coba proses sudah mencapai 17% tetapi menemui kendala yang sama, sampai-sampai saya cari dan bandingkan koneksi internet temen2 disekitar saya, akhirnya ada yang memiliki koneksi di atas 10 Mbps namun tetap gagal juga di 20%.

Putus asa? Tidak, masih penasaran dengan kasus ini akhirnya cara ketiga saya lakukan yaitu dengan autoloader, dengan software bblink, multiwipe dan OS leak yang bisa kita download ke komputer dulu sebelum di pasang ke device. Ternyata cara ini ampuh dan aman.

-          bb link digunakan untuk backup data jika ada data atau kontak yang perlu di backup untuk kembali di restore setelah dilakukan upgrade
-          multiwipe digunakan untuk menghapus OS yang ada di device
-          Autoloader OS Z10 adalah OS yang akan kita instal di device

Caranya:
1.       Saya tidak lakukan backup lagi karena memang belum ada data yang penting.
2.       Jalankan multiwipe kemudian hubungkan perangkat dengan komputer, diamkan sampai jendela prompt hilang.
1.       Jalankan autoloadernya diamkan sampai selesai sampai prompt nya hilang.


Done! Tidak sampai satu jam BB kembali baru dengan aplikasi bawaan yang lebih lengkap.
    
Sebelum                                                 sesudah

Anda mau coba, jangan lupa;
-          Selalu backup data penting anda karena yang dilakukan diatas akan menghapus semua data yang ada di device.
-          Jika upgrade melaui OTA atau bb link Pastikan koneksi internet anda stabil, dan kuotanya cukup.
-          Saran saya pakai autoloader sebagai alternatif terakhir jika kedua opsi atas tidak berhasil. Namun autoloader memiliki resiko gagal yang lebih kecil karena OS di download dulu dikomputer sehingga tidak membutuhkan koneksi yang cepat, asalkan kuota cukup dan tidak ada interupsi saat mendownload.

Semoga berhasil

19 komentar

Unknown 19 May 2016 at 18:45

Gan mau nanya ni

Administrator 19 May 2016 at 21:20

Yap..

Unknown 19 August 2016 at 18:20

gan mau nanya nihh ,.bb z3 model STJ100-1/2 os nya yg support yg mana ya ?

Unknown 19 August 2016 at 18:22

gan mau nanya nihh ,.bb z3 model STJ100-1/2 os nya yg support yg mana ya ?

Anonymous 5 December 2016 at 06:04

Ada Link Untuk Download Autoloader nya gak Mas????

Anonymous 5 December 2016 at 06:11

BBZ3 kok pakai Autoloader BBZ10 Mass???Mohon Penjelasnnya.
Udah Seminggu BBZ3 Ku kayak Seblumnya Punya Agann

ALLCOMP 11 December 2016 at 07:40

Gan numpng nnya. BlackBerry z3 ane model stj100-2 kok driver usb nya di BlackBerry link g kedetekya. Suruh masukn driver usb nya. Punnya ling usb BlackBerry z3 yang supord g gan. Udah ane coba smua driver usb g ada yang cocok..

Administrator 6 February 2017 at 22:28

Mksd ane diatas Os z10 itu adalah versi dari operating systemnya, jd bukan bbz10.

Administrator 6 February 2017 at 22:33

Setau ane bbz3 model apapun support dengan os 10.x.x, kl ad masalah bisa coba cara diatas.

giqsz 18 June 2017 at 16:05

Gan mau nanya kendala saya sama yang di atas menunya hilang kalau di flaskan di conter itu bisa balik gak ya gan

Unknown 28 July 2017 at 17:13

ga ada link downloadnya gan .????mohon jawaban
jya

Unknown 6 October 2017 at 21:48

bb z3 gwa jadi red blink...haha...pke jurus itu

Unknown 6 October 2017 at 21:52

multiwipe buat hapus data fremware....pke itu...data semua terhapus....bb gw jadi red blink gada fremware nya....

Dody.co 17 October 2017 at 11:57

Itu ttp harus ngosongin memory kan gan?

Dody.co 17 October 2017 at 11:57

Itu ttp harus ngosongin memory kan gan?

Unknown 22 March 2019 at 17:17

bb z3 ane juga gitu setelah bypass anti thef protection karna lupa sandi , kalau os nya di upgrade kira2 kekunci bb protect lagi gak gan ?

Unknown 22 March 2019 at 17:19

bb z3 ane juga gitu setelah bypass anti thef protection karna lupa sandi , kalau os nya di upgrade kira2 kekunci bb protect lagi gak gan ?

Unknown 16 August 2019 at 18:04

Gan itu caranya bisa langsung lewat hp nya apa harus pake komputer

Unknown 26 September 2019 at 23:31

Kalau benerin kekantor kita kira biaya kena berapa ya gan???

Post a Comment